Aglets : Bagian keras yang ada di ujung tali sepatu


Aglet (atau aiglet) adalah plastik kecil atau logam selubung yang biasanya digunakan pada setiap ujung kabel, tali sepatu, atau tali. Aglet dibuat dari serat-serat fiber atau selotip untuk mencegah tali terurai.

ketegasan dan kepadatan profil membuatnya lebih mudah untuk menahan dan untuk memasukan tali ke lubang tali sepatu, lubang jarum atau lubang tali lainnya.

Aglet kata (atau aiglet) berasal dari bahasa Prancis Lama dari kata aguillette (atau aiguillette), yang berarti jarum , ada juga yang mengatakan bahwa berasal dari kata Acus (Bahasa Latin) yang berarti untuk jarum juga karena sebuah aglet seperti jarum kecil di ujung tali.


Ada perbedaan halus antara aglets, yang umumnya fungsional, dan aiguillettes, yang umumnya dekoratif.Aglets ini biasanya muncul pada akhir pita dekoratif, seperti ikatan bolo, tali sepatu dan tali tambang, sedangkan aiguillettes identik kepada pakaian seragam militer.


Aglets saat ini paling sering dibuat dari plastik, ada juga yang terbuat dari logam, kaca, dan batu. Banyak juga yang sangat bagus , karena terbuat dari logam mulia dan perak. Sebelum penemuan kain (cotton) , mereka digunakan pada ujung pita untuk mengikat pakaian bersama. 



Kadang-kadang mereka dibentuk menjadi angka kecil,aglets buatan rumah biasanya terbuat dari pita perekat (selotip), wax, resin,lem, benang, panas menyusut atau tubing logam, dan hanya dengan knotting atau leleh akhir fiber atau tali. 


Untuk sementara waktu selama perang dunia ke 2 , aglets terbuat dari kertas dan lem.
Ironisnya,aglets di anggap ga penting dan jarang ada yang tau namanya,padahal peran aglets itu berguna banget loh! coba banyangin betapa susahnya kalo ujung tali sepatu kita ga ada agletsnya,pasti susah banget deh masukin ke lobang sepatunya! hehehe.

pesen gua sih ya,kita jangan selalu menilai atau menganggap sesuatu yang kecil atau ga terlihat sama sekali sebagai hal yang ga penting,padahal kadang2 yang kecil itu loh yang bisa ngerubah dunia! hehehe :D 


nah kalo yang ini aglets yang dipake buat kemiliteran,udah pernah liat kan ya? haha

0 komentar:

Posting Komentar