"Ionopolis" The Revolution of Social Networking Game


Sudah hampir 3 bulan sejak peluncuran pertamanya pada akhir bulan Oktober 2010 PT.Amerta Indah Otsuka melalui produk unggulannya Pocari Sweat meluncurkan Social Networking Game bertajuk "Ionopolis - Rise Of The Invisible Villains".

Awal cerita,ada sebuah kota khayalan yang di sebut kota Ionopolis telah muncul berbagai macam kejadian aneh,antara lain para penduduk Ionopolis merasakan seperti di ganggu suatu makhluk aneh yang menghisap cairan tubuh mereka, kejadian ini membuat semua penduduk mulai kebingungan dan panik menghadapi makhluk-makhluk tersebut.

Mendengar situasi yang sangat kacau, ada seorang superhero khusus masalah dehidrasi, merasa tidak bisa tinggal diam! maka tanpa pikir panjang superhero tersebut segera bergerak dan mengalahkan monster-monster itu.
 
Game Edukatif yang bergenre action dan di bungkus secara unik ke dalam bentuk komik ini menjadikan salah satu ikon superhero khusus Pocari Sweat yang bernama Pocariman sebagai tokoh utamanya,menjadikan game ini lain daripada game-game yang pernah ada di Indonesia.

Di dalam game ini Pocariman harus melawan 13 monster yang menggangu masyarakat kota Ionopolis tersebut, para monster ini disebut Monster Dehidrasi. Para Monster ini bisa di kalahkan menggunakan 3 metode serang yaitu "Trivia Fight/Mini Game" , "Shout Roullette" , dan "Foursquare Check-in".


Cara Mendaftar


Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Pocarian (sebutan untuk penggemar Pocari Sweat) adalah mendaftar di sini lalu setelah mendaftar,pocarian harus menghubungkan akun Ionopolis ke 3 jejaring sosial yaitu, Facebook,Twitter,dan Foursquare yang nantinya akan berguna sekali untuk menambahkan poin dalam metode "shout roullette"

Cara Bermain


Untuk cara bermainnya sangat mudah,pocarian hanya perlu menggunakan cara serang dari berbagai macam metode serang yang ada untuk mengalahkan para monster dehidrasi tersebut. Inilah metode-metode serang tersebut :

  • Trivia Fight
Trivia Fight adalah metode serang yang paling banyak menambah poin pemainnya,yaitu dengan menjawab pertanyaan tentang pengetahuan umum dan pengetahuan seputar dehidrasi tentunya. untuk poin rata-ratanya adalah 15-50 poin/soal.
Dan untuk yang kesulitan menjawab pertanyaan Trivia jangan khawatir,karena para pocarian banyak yang mendiskusikan tentang jawaban Trivia di sini !

  • Mini Game
Metode serang ini juga cukup banyak menambah poin,tapi mungkin agak sedikit membutuhkan skill untuk memakai metode ini,terutama skill menghafal! karena di Mini Game pocarian harus mengahafal urutan benda-benda yang muncul lalu di klik kembali sesuai urutan benda yang muncul tadi.

  • Shout Roulette
Di metode ini pocarian hanya membutuhkan akun FB dan akun Twitternya untuk melancarkan serangan ke para Monster Dehidrasi , dengan mengklik metode shout roullete maka akan muncul status unik ala tim kreatif Pocari Sweat di akun-akun pocarian tersebut,tapi jangan khawatir,itu bukan sekedar status unik,tapi itu juga akan menambah poin pocarian!! sekitar 10 poin/shout.

  • Foursquare Check-in
Pada metode Foursquare Check-in,pocarian membutuhkan akun 4sq untuk melakukan check-in ke venue khusus yang telah di tentukan oleh Pocari Sweat dan akan di beri imbalan 10 poin/check in.

  • Cheers
Dalam metode cheers kita di tuntut untuk melakukan suatu "kampanye" sebuah link cheers ke pemain Ionopolis lainnya. Cara untuk mendapatkan  link cheers adalah dengan cara mengalahkan 1 monster yang ada,secara otomatis akan muncul link cheers di page monsternya. poin untuk cheers adalah 5/orang.

  • Invite Friends
Invite friends adalah metode khusus yang juga meminta agar para pemain "meng-kampanye" kan link referal mereka dan mengajak teman-teman mereka yang belum bergabung ke ionopolis agar bergabung,dan imbalannya adalah 10 poin/teman yang berhasil di ajak bergabung.


  • Kuis Dadakan
Namanya juga dadakan,kuis ini pun muncul secara mendadak yang di publikasikan melalui fan page facebook (Pocari ID) dan twitter Pocari Sweat (@pocariID). caranya cukup menjawab pertanyaan yang di berikan pihak Pocari Sweat layaknya bermain trivia,poin untuk jawaban benar adalah 10-50/soal.

  • Snap QR code
Selain cara-cara di atas ada juga metode yang tidak kalah uniknya,yaitu kita berburu sebuah QR code atau semacam barcode yang ada di venue tertentu bahkan di billboard tepi jalan. Pocari Sweat juga berhasil meraih rekor MURI sebagai "pemerkasa dan penyelenggara QR code terbesar" karena billboard QR yang ada di tepi jalan Pancoran-Jakarta.Poin yang didapat paling besar adalah 100 poin dan 100% Hydration meter.



  • Kuis Media
Satu lagi yang tak kalah seru adalah para pocarian di ajak untuk mendengarkan radio atau membeli sebuah media cetak agar bisa mendapatkan link atau puzzle yang harus di pecahkan. agar bisa menambah poin Ionopolis.


 Dalam melaksanakan metode-metode tersebut Pocariman memiliki suatu energi tertentu untuk melakukannya atau yang disebut Hydration Meter.

Hydration meter pada awalnya berisi 100% cairan tubuh,dan akan berkurang setiap melakukan metode serang,lalu akan terisi kembali setiap jam 12 malam,atau jika pocarian tidak sabar menunggu sampai jam 12 malam untuk memenuhi Hydration Meter,Pocarian bisa melakukan transaksi dengan membeli Pocari Sweat di seluruh Alfamart terdekat lalu akan mendapatkan sebuah voucher atau scratch card yang di sebut Ionocard agar bisa mengisi ulang Hydration Meter dengan cara memasukan 16 digit nomor di balik Ionocard tersebut ke akun Ionopolis pocarian.

Hadiah

Main game seru tanpa hadiah,layaknya sayur tanpa garam pastinya. Maka dari itu pihak Pocari Sweat telah menyiapkan berbagai hadiah menggiurkan ! Hadiah Utama dari game ini adalah jalan-jalan ke Negeri Sakura alias Jepang ! Gratis! cukup menggiurkan bukan? tidak hanya itu Pocari Sweat juga memberikan hadiah berupa IPod Shuffle yang akan di berikan pada 3 top skor per periode atau 2 minggu sekali,lalu bagi 10 besar yang akan diundi di akhir periode,juga ada IPod Nano dan Voucher senilai 1 juta dari Gramedia.


Event
Semenjak dimulainya game ionopolis ini Pocari Sweat selaku "empunya hajat" melakukan banyak event-event seru yang di gelar di berbagai kota besar di Indonesia. Event-event tersebut meliputi kegiatan Nonton Bareng Pocarian yang di adakan di kota-kota besar di negeri kita,lalu ada Ionorace (khusus regional Jakarta) yang di adakan di Plaza Semanggi,lalu yang paling gres adalah Nonton Bareng AFF Suzuki Cup 2010 di kursi VIP Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),dan lagi-lagi tentunya acara itu semua gratis tanpa dipungut biaya sepeser-pun oleh pihak Pocari Sweat.


0 komentar:

Posting Komentar